SOAL BAB 1
PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pemasaran! Menurut Anda mengapa pemasaran penting bagi
masyarakat?
Jawab:
Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang
saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen melalui penciptaan,
penawaran, dan pertukaran produk dan jasa yang bernilai serta mengembangkan
promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar konsumen dapat terpuaskan dengan
baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Pemasaran penting karena melalui pemasaran konsumen tidak perlu
lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan
pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak
waktu bagi konsumen untuk kegiatan lain yang disukai.
2.
Sebutkan fungsi-fungsi pemasaran serta jelaskan
masing-masing fungsi tersebut!
Jawab:
Fungsi pemasaran ada 3 yaitu:
a.
Fungsi
pertukaran
Dengan
pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang
dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai
sendiri atau dijual kembali.
b.
Fungsi
distribusi fisik
Distribusi
fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk.
Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara,
baik melalui air, darat, udara dan sebagainya. Penyimpanan produk mengedepankan
upaya menjaga pasokan produk agar tidak kurang saat dibutuhkan.
c.
Fungsi
Perantara
Untuk
menyampaikan produk dari tangan produsen ke konsumen dapat dilakukan melalui
perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi
fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain pengurangan resiko, pembiayaan,
pencarian informasi serta standarisasi dan penggolongan produk.
3.
Dalam
proses manajemen pemasaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat
mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan
dalam proses manajemen pemasaran tersebut!
Jawab:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran
yaitu:
a.
Melakukan
analisis peluang pasar
Dalam melakukan
usaha penganalisaan peluang pasar, seseorang harus mengetahui banyak situasi
perkembangan pasar yang akan dituju. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan
riset-riset pasar yang bertujuan untuk mengetahui trend selera konsumen yang
sedang berkembang saat itu.
b.
Menyusun
strategi pemasaran
Strategi
pemasaran adalah logika pemasaran dan berdasarkan hal itu, unit bisnis
diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran
terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran
dan lokasi pemasaran.
c.
Perencanaan
program pemasaran
Hal ini
bertujuan agar proses di lapangan menjadi lebih mudah dan terarah.
d.
Pengelolaan
usaha pemasaran
4. Dalam
konsep pemasaran, terdapat orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi, orientasi produk, orientasi
pemasaran, dan orientasi pemasaran holistik. Apakah masing-masing orientasi
tersebut bisa berjalan bersamaan?
Jawab :
Orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi, orientasi
produk, orientasi pemasaran dan orientasi holistik tidak bisa berjalan
bersamaan. Orientasi pemasaran dan orientasi holistik adalah perkembangan dari
orientasi pemasaran sebelumnya yang tidak cocok lagi dengan perkembangan zaman.
Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pemasar modern menggunakan
dua orientasi pemasaran sekaligus. Misalkan Lenovo yang mengetahui kebutuhan
akan laptop berharga murah (dari analisis holistic marketingya) menggunakan
orientasi produksi dengan sangat efisien untuk mencapai low cost product dan
menjaring customer sebanyak-banyaknya. Jadi dalam kasus ini orientasi holistik
marketing dan orientasi produksi digunakan bersamaan. Tetapi untuk kasus yang
lain semisal mobil ferari yang hanya ditujukan kepada kalangan tertentu tidak
mungkin menggunakan orientasi produksi atau pemasar B2B yang sangat berorintasi
pada keinginan konsumen.
5. Banyak
orang yang menyamakan antara penjualan (selling) dan pemasaran (marketing),
padahal dua hal itu berbeda pelaksanaannya. Jelaskan perbedaannya!
Jawab:
Perbedaan antara penjualan dan
pemasaran
No
|
Penjualan
|
Aspek
|
Pemasaran
|
1
|
Pabrik
|
Langkah awal
|
Target pasar
|
2
|
Produk
|
Fokus
|
Pemenuhan keinginan konsumen
|
3
|
Promosi penjualan
|
Alat
|
Pemasaran Terpadu
|
4
|
Volume penjualan
|
Tujuan
|
Laba melalui kepuasan konsumen
|
5
|
Jangka pendek
|
Orientasi pasar
|
Jangka panjang
|
SOAL
BAB II
SISTEM
PEMASARAN, LINGKUNGAN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN BISNIS
1.
Dalam
strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan
strategi pemasaran yang telah dibuat. Sebut dan jelaskan faktor-faktor
tersebut!
Jawab:
Faktor yang menyebabkan perubahan strategi pemasaran yaitu:
a.
Daur
hidup produk
Strategi harus
disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup produk, yaitu tahap perkenalan, tahap
pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
b.
Posisi
persaingan perusahaan di pasar
Strategi
pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah
memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c.
Situasi
ekonomi
Strategi
pemasaran harus disesuaikan dengan ituasi ekonomi dan pandangan ke depan,
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
2.
Salah
satu faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah lingkungan mikro
perusahaan. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan mikro perusahaan?
Jawab:
Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari pelaku dalam lingkungan
yang berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani
pasar, lingkungan mikro ini terdiri dari:
a.
Perusahaan
b.
Pemasok
c.
Para
Perantara Pemasaran
d.
Para
Pelanggan
e.
Para
Pesaing
f.
Masyarakat
Umum
3. Budaya lokal merupakan aspek penting dalam memengaruhi perilaku konsumen.
Bagaimana budaya lokal dipahami oleh pemasar dan bagaimana aplikasinya
dalam mengembangkan strategi pemasaran?
Jawab :
Benar sekali budaya lokal merupakan aspek yang penting dalam memengaruhi
perilaku konsumen. Dan setiap pemasar harus memahami budaya lokal ini. Sebagai
contoh kebudayaan di Indonesia adalah mengutamakan kekeluargaan. Dimana
produk-produk yang mengusung kebersamaan dalam keluarga pasti laris manis.
Sebagai contoh mobil Kijang, Avanza, Xenia dan grand Livina yang bisa menampung
banyak anggota keluarga (7 seater) cukup laris di pasaran. Di sisi lain teh sariwangi
juga memperlihatkan indahnya kebersamaan dalam keluarga dalam setiap iklannya.
Juga coca cola dan beberapa produk Indomie di saat bulan puasa dan menjelang
lebaran juga mengusung tema-tema keluarga.
Setiap kebudayaan sendiri sebenarnya terdapat sub bagian yang disebut sub
kebudayaan yang target pasarnya lebih spesifik. Termasuk dalam Sub budaya
adalah kewarganegaraan, agama, ras dan lokasi geografis. Kembali ke industri
otomotif : Negara-negara asia mungkin tidak membayar mahal untuk safety dibandingkan dengan mobil-mobil
yang dipasarkan di daerah Eropa. Dan kenyamanan cenderung lebih diutamakan pada
mobil-mobil Eropa. Juga sub kebudayaan lokal yang mengutamakan kekeluargaan
membuat mobil Avanza diminati di Indonesia.
4.
Strategi
apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan apabila ia menduduki sebagai market
leader?
Jawab:
Strategi yang harus dilakukanoleh market leader yaitu:
a.
Mengembangkan
pasar secara keseluruhan, hal ini dapat dilakukan dengan cara:
-
Mencari
konsumen baru dengan cara strategi penerobosan pasar, strateggi paar baru, dan
perluasan geografis
-
Mencari
dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk
-
Meyakinkan
masyarakat konsumen agar menggunakan produk lebih banyak pada setiap kesempatan
b.
Melindungi
bagian-bagian pasar yang telah dikuasai.
c.
Meningkatkan
bagian pasar. Selain mencari konsumen baru pada pasar baru, perusahaan juga
dapat meningkatkan jumlah konsumen pada setiap pasar yang sudah dikuasai.
5.
Sebut
dan jelaskan 5 strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh market
challenger!
Jawab:
Secara umum ada lima strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh
market challenger, yaitu:
a.
Serangan
frontal
Serangan ini
dilakukan dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki tepat berhadapan
dnegan lawan
b.
Serangan
melambung
Market
Challenger berpura-pura
akan menyerang bagian yang kuat sehingga lawan mengerahkan seluruh kekuatan ke
bagian tersebut, tetapi serangan sesungguhnya akan diarahkan ke bagian
kelemahannya.
c.
Serangan
mengepung
Serangan ini
merupakan usaha menembus daerah pemasaran lawan, yaitu dengan mengadakan
serangan besar-besaran ke seluruh pasar lawan.
d.
Serangan
lintas
Strategi ini
adalah strategi yang paling tidak langsung serta menjauhkan diri dari gerakan
yang mengarah ke pemasaran pesaing.
e.
Serangan
gerilya
Serangan ini
dilakukan perusahaan-perusahaan yang kekurangan modal dengan menyerang berbagai
wilayah lawan dengan serangan kecil yang tiba-tiba dan terputus-putus.
SOAL
BAB 3
SEGMENTASI,
PRODUK PASAR DAN POSITIONING PRODUK
1.
Segmentasi
pasar sangat penting bagi perusahaan. Apa yang melatarbelakangi pentingnya
segmentasi bagi perusahaan?
Jawab:
Latar belakang pentingnya segmentasi bagi perusahaan yaitu:
-
Karena
segmentasi memungkinkan perusahaan lebihbterfokus mengalokasikan sumber daya
-
Segmentasi
merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi, taktik, dan value
secara keseluruhan.
-
Segmentasi
merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing.
2.
Setiap
perusahaan harus memilih segmentasi pasar yang tepat. Menurut Anda mengapa
perusahaan harus melakukan pemilihan segmentasi pasar?
Jawab:
Setiap perusahaan harus melakukan pemilihan segmentasi pasar karena
konsumen mempunyai perbedaan kebutuhan oleh setiap produk, oleh karenanya
konsumen mempunyai reaksi yang berbeda untuk setiap produk yang ditawarkan
kepadanya. Dalam banyak kasus perusahaan dapat memperoleh manfaat maksimum
dengan mengembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan segmen tertentu
dibandingkan dengan memperkenalkan satu jenis produk untuk dikonsumsi pasar
3.
Dalam
penetapan segmentasi pasar, perusahaan memperhatikan berbagai hal. Menurut Anda
apa yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam penetapan segmentasi pasar?Berikan
contohnya!
Jawab:
Dalam penetapan segmentasi pasar, hal yang harus diperhatikan yaitu
untuk menentukan
segmen pasar adalah:
a.
Geographic, perusahaan menyesuaikan
bauran pemasarannya agar cocok dengan daerah - daerah yang berbeda dan bahkan
lingkungan individual di dalam suatu kota,
b.
Demographic, fokus yang digunakan
paling luas adalah usia, jenis kelamin, agama, besar kecilnya keluarga, siklus
kehidupan keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, ras, kebangsaan dan
kelas social,
c.
Psychographic, yaitu pola orang
menjalani hidup dan menggunakan waktu dan uang (gaya hidup). Kepribadian juga
termasuk dalam gaya hidup,
d.
Behavioral, yang mencakup :
jangkauan pemakaian dan loyalitas, manfaat, dan situasi pemakaian.
Contoh
: Produk Ayam Goreng Kremesan akan mengambil segmen variabel psikografi
dimana segmen kelas sosial menengah bawah adalah menjadi segment pasar ayam
goreng kremesan ini.
4. Perusahaan
harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilih strategi pencakupan pasar. Sebutkan
yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum memilih strategi pencakupan
pasar?
Jawab:
Beberapa
pertimbangan yang perlu dilakukan dalam memasuki suatu pasar adalah sebagai
berikut:
-
Menetapkan atribut-atribut yang
dianggap penting
-
Menetapkan luas dan nilai dari
berbagai macam segmen pasar
-
Menetapkan bagaimana merek-merek
yang ada itu berada di pasar
-
Mencarikan kesempatan pada
segmen-segmen pasar yang belum terlayani atau belum cukup terlayani oleh
merek-merek lain yang sudah ada
-
Menetapkan hubungan antara
segmen-segmen yang akan dilayani.
SOAL
BAB 4
PEMAHAMAN
KONSEP DAN STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
1.
Memelihara konsumen dalam jangka panjang membutuhkan suatu strategi
tersendiri. Bagaimana perusahaan seharusnya mengelola konsumennya?
Jawab :
Perusahaan membutuhkan suatu
strategi tersendiri untuk memelihara loyalti konsumen dalam jangka panjang.
Berikut kiat-kiat untuk membangun loyalty konsumen:
a.
Membuat produk yang superior dan berkualitas untuk target atau pengalaman
atau layanan
b.
Partisipasi semua departemen di perusahaan untuk mendukung kepuasan
konsumen dan membangun proses loyalty
c.
Mendengarkan masukan dari konsumen baik yang terucap atau tidak terucap
untuk mendukungsemua keputusan bisnis
d.
Mengorganisasikan data informasi mengenai customer, contact, frekuensi
pembelian, pilihan produk dan kepuasan
e.
Permudah customer untuk berkoneksi dengan karyawan perusahaan,
mengekspresikan kebutuhan mereka, persepsi dan complain
f.
Membuat loyalty program untuk customer-customer yang potensial
g.
Penghargaan bagi karyawan dengan pelayanan yang baik
2. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan
dalam analisa perilaku konsumen ?
jawab :
Terdapat tiga pendekatan
utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu:
Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal
yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus
group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa
yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan
tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu
psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu
sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan
metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi
dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan mencari
pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat
keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains
marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini
dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham
Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing
terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate
analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan
pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan
tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah
satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan
tersebut.
3. Keputusan
membeli pada dasarnya berkaitan dengan “mengapa” dan “bagaimana” tingkah laku
konsumen. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli konsumen!
Jawab:
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan membeli konsumen yaitu:
a.
Kebudayaan
Faktor budaya
memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Pengiklan
harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya dan kelas
sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan
perilaku seseorang.
b.
Kelas
Sosial
Perilaku
konsumen juga dipengaruhi oleh faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga
serta peranan dan status sosial konsumen. Perilaku seseorang banyak dipengaruhi
oleh banyak kelompok kecil.
c.
Kelompok
referensi kecil
Kelompok
“kecil” disekitar individu yang menjadi rujukan bagaimana seseorang harus
bersikap dan bertingkah laku, termasuk tingkah laku pembelian.
d.
Keluarga
Keluarga dapat
mempengaruhi perilaku pembelian. Keluarga adalah organisasi pembelian konsumen
yang paling penting dalam masyarakat. Keputusan pembelian keluarga tergantung
pada produk, iklan dan situasi.
e.
Pengalaman
Berbagai
informasi sebelumnya yang diperoleh seseorang akan mempengaruhi perilaku
selanjutnya.
f.
Kepribadian
Kepribadian
dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat menentukan tanggapan
untuk bertingkah laku. Keputusan pembelian juga dapat dipengaruhi oleh
karakteristik pribadi seperti umur dan tahapan daur hidup, pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.
g.
Sikap
dan Kepercayaan
Sikap adalah
suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap suatu penawaran
produk dalam masalah yang baik ataupun kurang baik secara konsisten.
Kepercayaan adalah keyakinan seseorang terhadap nilai-nilai tertentu yang akan
mempengaruhi perilakunya.
h.
Konsep
Diri
Konsep diri
merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya sendiri, dan pada saat yang
sama ia mempunyai gambaran tentang diri orang lain.
4. Sebut dan jelaskan tahapan-tahapan dalam
proses pembelian!
Jawab:
Tahapan-tahapan dalam proses
pembelian yaitu:
a.
Menganalisa
keinginan dan kebutuhan
Penganalisaan
keinginan dan kebutuhan ini ditunjukkan terutama untuk mengetahui adanya
keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan.
b.
Menilai
sumber-sumber
Tahap kedua
dalam proses pembelian ini sangat berkaitan dengan lamanya waktu dan jumlah
uang yang tersedia untuk membeli.
c.
Menetapkan
tujuan pembelian
Tahap ketika
konsumen memutuskan untuk tujuan apakah pembelian dilakukan, yang bergantung
pada jenis produk dan kebutuhannya.
d.
Mengidentifikasi
alternatif pembelian
Tahap ketika
konsumen mulai mengidentifikasikan berbagai alternatif pembelian.
e.
Keputusan
Membeli
Tahap ketika
konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak.
f.
Perilaku
sesudah pembelian
Tahap terakhir
yaitu ketika konsumen sudah melakukan pembelian terhadap produk tertentu.
Respon konsumen setelah membeli produk sangat beragam. Apabila perusahaan ingin
mempertahankan pelanggan, maka semua keluhan dari konsumen harus diakomodasi.
Memenuhi keinginan dan harapan konsumen dapat meningkatkan citra positif
perusahaan.
5. Uraikanlah perbedaan antara kepercayaan, nilai –
nilai, dan kebiasaan. Jelaskanlah bagaimana pakaian yang dipakai seseorang pada
waktu yang berbeda atau untuk kesempatan yang berbeda dipengaruhi oleh
kebiasaan?
Jawab
:
Komponen kepercayaan dan nilai dalam definisi kita
merujuk kepada akumulasi perasaaan dan prioritas yang dipunyai para individu
mengenai “segala masalah” dan baranng milik. Untuk lebih tepatnya, kepercayaan
terdiri dari sejumlah besar pernyataan mental dan verbal (yaitu, “saya
percaya...”) yang menggambarkan pengetahuan dan penilaian khusus seseorang
mengenai sesuatu (orang lain, toko, produk, merk). Nilai – nilai juga merupakan
kepercayaan. Tetapi, nilai – nilai berbeda dari kepercayaan lain, karena mereka
memenuhi kriteria berikut ini :
·
Relatif
sedikit jumlahnya.
·
Berlaku
sebagai pedoman bagi perilaku yang tepat secara budaya.
·
Abadi
atau sulit diubah
·
Tidak
terikat kepada obyek atau situasi tertentu
·
Diterima
secara luas oleh para anggota masyarakat.
Karena itu, dalam arti luas, baik nilai – nilai maupun
kepercayaan merupakan citra mental yang mempengaruhi berbagai macam sikap
khusus yang, pada gilirannya, mempengaruhi kemungkinan cara seseorang bereaksi
terhadap situasi tertentu.
Kebiasaan adalah cara perilaku yang kelihatan yang
merupakan cara berperilaku yang disetujui dan dapat diterima secara budaya
dalam berbagai keadaan tertentu. Kebiasaan terdiri dari perilaku sehari – hari
atau rutin.
Ya, memang pakaian yang dipakai seseorang pada waktu
yang berbeda dipengaruhi oleh kebiasaan. Kebiasaan berpakaian telah berubah
secara dramatis, orang berpakaian lebih banyak berpakaian santai setiap waktu
dan berbagai situasi dan kondisi. Contohnya di tempat pekerjaan, orang – orang
memakai pakaian kantor (resmi) dan di tempat yang santai seperti sedang
berlibur, orang terkadang memakai baju santai selayaknya sedang rekreasi.
SOAL
BAB 5
PRODUK
1. Sebutkan dan
Jelaskan cara – cara pengembangan produk baru!
Jawaban :
a.
Inovasi Tiada Henti : melakukan
inovasi yang berkelanjutan (continue) untuk menciptakan produk baru.Contoh :
Sepeda Motor
b.
Produk yang belum ditawarkan :
produk yang belum pernah ditawarkan kepada konsumen (membuat produk baru).
Contoh :
c.
Produk tambahan dari produk
sebelumnya : produk yang sudah ada sebelumnya di kembangkan kembali agar
memiliki variasi manfaatnya. Contoh : Indomie.
d.
peningkatan dan perbaikan :
melakukan peningkatan dan perbaikan atas produk yang telah dimiliki. Contoh :
Yamaha Mio, pertama di produksi Mio automatic (standar), setelah itu di
kembangkan lagi menjadi Mio soul, kemudian pengembangan yang terbaru lagi yaitu
Mio J.
e.
memposisikan kembali (repositioning)
: menempatkan/memproduksi barang dengan manfaat secara keseluruhan. Contoh :
Sabun cuci sunlight dulu batangan yang kebanyakan dipakai orang di desa desa,
sedang kan di kota sabun tersebut kurang diminati. sehingga di buatlah sekarang
dalam bentuk cair. itu menjadikan orang yang di desa maupun dikota menggunakan
produk tersebut.
f.
produk yang lebih murah : mampu
menciptakan produk yang lebih murah dibanding perusahaan yang sejenis. Contoh :
Perusahaan jasa penumpang pesawat Air Asia, memiliki harga tiket yng lebih
murah dibanding lainnya namun itu harus pesan 3 bulan sebelum hari H di jadwal
keberangkatan.
2.
Sebutkan
macam-macam alternatif strategi produk mix?
Jawab:
Macam:
a.
Strategi
seluruh baris (line) untuk seluruh pasar
b.
Strategi
pasar khusus tertentu
c.
Strategi
produk line khusus tertentu
d.
Strategi
produk line khusus yang terbatas
e.
Strategi
produk tertentu yang khusus
f.
Strategi
segmen tertentu yang khusus
g.
Strategi
menghadapi keadaan khusus tertentu
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan merk dan sebutkan jenis-jenis merk berdasarkan tujuan
produk!
Jawab:
Merk adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (baik berupa
logo, cap/kemasan) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang
penjual/kelompok penjual tertentu.
Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai dari produk/jasa yang ditawarkan,
merk dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:
a.
Merk
fungsional
Merk fungsional
adalah merk-merk yang dirancang untuk menghasilkan persepsi terhadap kinerja
ataupun nilai ekonomis dari sebuah produk atau jasa.
b.
Merk
Citra
Biasanya merk
ini memberikan manfaat berupa keuntungan bagi si pemakai merk untuk
mengekspresikan diri mereka. Merk dianggap akan mampu mendongkrak citra dari si
pengguna produk atau jasa.
c.
Merk
Eksperiensial
4.
Sebutkan
syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam memberikan kemasan suatu produk!
Jawab:
Kemasan yang digunakan oleh suatu produk seharusnya memenuhi syarat sebagai berikut:
a.
Harus
dapat melindungi produk terhadap kerusakan, kehilangan dan kekotoran
b.
Harus
ekonomis dan praktis bagi kegiatan pendistribusian produk tersebut
c.
Ukuran
kemasan harus sesuai dengan kehendak pembeli
d.
Kemasan
harus memberikan aspek deskriptif, yaitu menunjukkan merk, kualitas, rasa dan
campuran atau komposisi yang terdapat dalam produk tersebut
e.
Kemasan
hendaklah mempunyai citra dan aspek seni
5.
Sebut
dan jelaskan dimensi kualitas produk yang berupa barang!
Jawab:
a.
Performance, hal ini berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang dan
merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan dalam memberi
barang tersebut.
b.
Features atau fitur, yaitu apek performansi yang berguna untuk menambah
fungsi dasar, berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya.
c.
Realibility, hal ini berkaitan dengan probabilitas atau kemungkinan suatu
barang berhasil menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu
tertentu pula.
d.
Conformance, hal ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian terhadap spesifikasi
yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan keinginan pelanggan
e.
Durability atau keawetan, yaitu suatu refleksi umur ekonomis berupa ukuran
daya tahan atau masa pake barang.
f.
Serviceability, yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan, kompetensi,
kemudahan dan akurasi dalam memberikan layanan untuk perbaikan barang.
g.
Aesthetic, merupakan karakteristik yang bersifat subyektif mengenai
nilai-nilai estetika yang berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi
dari preferensi individual.
h.
Fit
and finish, Sifat subyektif, berkaitan dengan
perasaan pelanggan mengenai keberadaan produk tersebut sebagai produk yang
berkualitas.
SOAL
BAB 6
HARGA
1.
Sebut
dan jelaskan strategi penentuan harga yang mempengaruhi psikologis konsumen!
Jawab:
a.
Prestige
Pricing / Harga Prestis
Strategi harga
prestis adalah menetapkan harga yang tinggi demi membentuk image kualitas
produk yang tinggi yang umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty
b.
Odd
Pricing / Harga Ganjil
Strategi harga
ganjil adalah menetapkan harga yang ganjil atau sedikit dibawah harga yang
telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk
yang akan dibeli lebih murah.
c.
Multiple
Unit Pricing / Harga Rabat
Strategi harga
rabat memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam
jumlah banyak.
d.
Price
Lining / Harga Lini
Strategi harga
lini adalah memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang
berbeda.
e.
Leader
Pricing / Pemimpin harga
Strategi harga
leader price adalah menetapkan harga lebih rendah daripada harga pasar/harga
normal untuk meningkatkan omset penjualan.
2. Ada
berbagai cara dalam menetapkan harga suatu produk, namun apapun cara yang
digunakan produsen harus memperhatikan faktor-faktor situasional, apa saja
faktor-faktor situasional yang harus diperhatikan produsen dalam menetapkan
harga?
Jawab:
a.
Strategi
perusahaan dan komponen-komponen lain di dalam bauran pemasaran
b.
Perluasan
produk sedemikian rupa sehingga produk dipandang berbeda dari produk-produk
lain yang bersaing dalam mutu atau tingkat pelayanan konsumen
c.
Biaya
dan harga pesaing
d.
Ketersediaan
dan harga dari produk pengganti.
3. Sebut
dan jelaskan metode-metode yang dapat digunakan dalam penetapan harga jual!
a.
Penetapan
harga mark up (markup pricing)
Penetapan
harga menurut metode ini adalah berdasarkan biaya keseluruhan yang telah
dikeluarkan dengan mark-up tertentu sebagai keuntungan
b.
Penetapan
harga menurut tingkat sasaran (target return pricing)
Perusahaan
menetapkan harga jual berdasarkan persentase yang diinginkan dari investasi
yang ditanam dari sejumlah unit yang diharapkan penjual.
c.
Penetapan
harga menurut pandangan konsumen
Harga
jual produk itu berdasarkan nilai yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk
tersebut.
d.
Penetapan
harga berdasarkan harga pasar
Penetapan harga jual
berdasarkan harga yang telah ditetapkan pesaing pasar.
e.
Penetapan
harga dalam sampul tertutup
Penetapan
harga demikian ini biasanya dilakukan dalam tender, dimana beberapa perusahaan
diundang oleh suatu instansi ataupun swasta untuk mengajukan penawaran dalam
amplop tertutup.
4. Strategi
penjualan produk dengan iming-iming diskon kini mulai marak diberbagai toko.
Menurut Anda apa yang mendasari penjual untuk menerapkan strategi potongan
harga?
Jawab:
Hal-hal yang mendasari penjual untuk
menerapkan strategi potongan harga yaitu:
a.
Penjualan
promo
b.
Meningkatkan
volume penjualan
c.
Untuk
memenangkan persaingan
d.
Untuk
mengurangi atau menghabiskan stock barang di gudang
e.
Memperkuat
merk dan lini produk
f.
Mempercepat
memperoleh uang kas
g.
Penggantian
usaha
5.
Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan dalam penetapan
harga?
Jawab:
Langkah-langkah penetapan harga yang dilakukan oleh
perusahaan adalah:
a. Tujuan penetapan harga
Faktor
utama dalam menetapkan harga tujuan pemasaran perusahaan. Tujuan tersebut bisa
maksimalisasi laba, mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, meraih pangsa
pasar yang besar, menciptakan kepemimpinan dalam hal kualitas, mengatasi
persaingan, melaksanakan tanggung jawab sosial.
b. Tujuan berorientasi pada volume
Selain
itu ada juga perusahaan yang menetapkan harganya berdasarkan tujuan yang
berorientasi pada volume tertentu atau biasa dikenal dengan istilah volume
pricing objective.
c. Tujuan berorientasi pada citra
Perusahaan
dapat menetapkan harga tinggi untuk membentuk atau mempertahankan citra
prestisius.
d. Tujuan stabilitas harga
Tujuan
stabilisasi dilakukan dengan jalan menetapkan harga untuk mempertahankan
hubungan yang stabil antara harga suatu perusahaan dan harga pemimpin industry.
e. Tujuan-tujuan lainnya
Harga
dapat pula ditetapkan dengan tujuan mencegah masuknya pesaing, mempertahankan
loyalitas pelanggan, mendukung penjualan ulang atau menghindari campur tangan
pemerintah.
SOAL
BAB 7
PROMOSI
1.
Apa
yang dimaksud dengan promosi? Sebutkan pula tujuan-tujuan dari promosi!
Jawab:
Promosi merupakan suatu usaha dari
pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga
tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang
dipasarkannya.
Tujuan:
a.
Meningkatkan
volume penjualan
b.
Meningkatkan
pembeli coba-coba
c.
Meningkatkan
pembelian ulang
d.
Meningkatkan
loyalitas
e.
Memperluas
kegunaan
2.
Salah
satu tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan pembelian ulang. Menurut anda cara efektif apa saja yang dapat
digunakan untuk meningkatkan pembelian ulang konsumen?
Jawab:
Cara efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian
ulang konsumen diantaranya adalah:
-
Memberikan
kupon di dalam produk yang berisi potongan harga bagi pembelian selanjutnya
-
Menggunakan
cara “beli tiga gratis satu”
-
Menggunakan
cara “10 kupon gratis satu”
3. Menurut
Anda, kapan sebaiknya iklan diutamakan dalam perpaduan promosi?
Jawab:
Iklan konsumen sebaiknya diutamakan
dalam keadaan yang berikut:
-
Jika
penilaian menunjukkan bahwa kondisi sangat baik untuk mempengaruhi penilaian
konsumen dan untuk menciptakan tindakan pembelian yang cepat melalui iklan
konsumen itu
-
Jika
analisa membawa kepada kesimpulan bahwa kewiraniagaan tidak penting dalam
pemasaran yang menguntungkan bagi produk ini
-
Jika
usaha promosi dealer dan metode-metode penjualan lainnya jika dipakai sendirian
ternyata kurang memberikan harapan dalam meningkatkan penjualan daripada iklan
konsumen
4. Strategi
marketing yang perfect tentu sudah membekali tim yang secara langsung dalam
proses personnal selling dengan antisipasi lapangan dan taktik membujuk yang
relevan, sopan dan efektif. Namun masyarakat tetap saja boleh menolak, karena
secara umum, budaya, kemampuan dalam masyarakat mampu mempengaruhi keputusan. Apa
saja alasan yang mendasari masyarakat menolak suatu produk atau layanan?
Jawab:
-
Harga
-
Loyalitas
pemasok lama
-
Tak
mampu membuat keputusan
-
Faktor
produk yang kurang kompetitif
-
Tidak
menyukai perusahaan, sistem dan penjualnya.
SOAL
BAB 8
SALURAN
DISTRIBUSI
1.
Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar
diperlukan strategi ditribusi yang tepat untuk menyalurkan barang atau jasa
dagangannya ke tangan konsumen. Sebutkan dan jelaskan strategi distribusi apa
sajakah yang dapat digunakan produsen untuk menyalurkan dagangannya?
Jawab:
Strategi distribusi yang dapat digunakan produsen untuk
memaksimalkan laba antara lain:
a.
Strategi
distribusi intensif
Distribusi intensif adalah strategi distribusi yang menempatkan
produk dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di
berbagai tempat.
b.
Strategi
distribusi selektif
Distribusi selektif adalah suatu metode distribusi yang menyalurkan
produk barang atau jasa pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa
distributor atau pengecer saja pada suatu daerah.
c.
Strategi
ditribusi eksklusif
Distribusi eksklusif adalah memberikan hak distribusi suatu produk
pada satu dua ditributor atau pengecer saja pada suatu area daerah. Jenis
barang dan jasa yang ditawarkan oleh strategi distribusi eksklusif adalah
barang-barang yang mempunyai kualitas dan harga tinggi dengan jumlah konsumen
yang terbatas.
2.
Sebutkan
dan jelaskan efisiensi-efisiensi yang didapat dari adanya saluran pemasaran
yang menggunakan berbagai perantara khusus!
a.
Efisiensi
fungsional
Perantara kadang mampu menunjukkan aktivitas pemasaran yang lebih
efisien dibanding perusahaan karena perantara berspesialisasi pada bidang
tertentu untuk mencapai skala ekonomis yang wajar
b.
Efisiensi
Skala Operasi
Dengan melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak dari produsen,
penyimpanannya di dalam gudang dan kemudian membagi-bagi ke dalam porsi yang
kecil akan memberikan manfaat yang lebih besar dibanding dengan perusahaan beroperasi
dengan skala kecil untuk melayani secara langsung setiap kebutuhan konsumen
secara individual
c.
Efisiensi
Transaksi
Dengan membeli barang dari
berbagai pemasok dan kemudian menyimpan, melakukan promosi, dan menawarkan
berbagai alternatif produk ke konsumen berarti akan mempercepat proses
transaksi yang dilakukan oleh konsumen.
3.
Jelaskan
mengenai saluran distribusi dan sebutkan macam-macamnya!
Jawab:
Saluran distribusi adalah suatu jalur perantara pemasaran baik
transportasi maupun penyimpanan suatu produk barang dan ajsa dari tangan
produsen ke tangan konsumen. Diantara pihak produsen dan konsumen terdapat
perantara pemaaran yaitu wholesaler (distributor) yang melayani pembeli
retailer dan juga retailer yang mengecerkan produk kepada konsumen akhir.
Macam-macam saluran distribusi diantaranya:
a.
Produsen
à
Konsumen (umumnya jasa)
b.
Produsen
à
Retailer à
Konsumen
c.
Produsen
à
wholesaler à
Retailer à
Konsumen
d.
Produsen
à
Agen à
Wholesaler à
Retailer à
Konsumen
e.
Produsen
à
Industri
f.
Produsen
à
Wholesaler à
Industri (Produsen)
4.
Saluran
distribusi sangat dipengaruhi oleh pola pembelian konsumen, maka keadaan pasar
ini merupakan faktor penentu dalam pemilihan saluran. Sebutkan faktor-faktor
yang berasal dari pasar yang harus diperhatikan dalam penetapan saluran
distribusi!
Jawab:
Beberapa faktor pasar yang harus diperhatikan adalah:
-
Konsumen
atau pasar industri
-
Jumlah
pembeli potensial
-
Konsentrasi
pasar secara geografis
-
Jumlah
pesanan
-
Kebiasaan
dalam pembelian
5.
Sebut
dan jelaskan bentuk dasar dari pengembangan sistem pemasaran vertikal!
Jawab:
Sistem
pemasaran vertikal Corporate VMS, Contractual VMS, Administered VMS adalah:
Corporate VMS adalah sistem pemasaran vertical
korporat dalam suatu perusahaan dicapai dengan cara melalui kerjasama
kepemilikan antar anggota dalam system
Contractual VMS adalah sistem pemasaran berdasarkan
kontrak, perusahaan indipenden pada berbagai tingkat produksi dan distribusi
yang saling melakukan koordinasi program atas dasar perjanjian yang menunjukkan
hak serta kewajiban masing-masing anggota.
Administered VMS adalah sistem pemasaran vertikal
terarah, bentuk kerjasama antar perusahaan yang dilakukan secara bertingkat
melalui bimbingan informal dan pengaruh satu anggota system.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar