Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 01 Februari 2015

PENDEKATAN SUCCESS STORY



a.   Pengertian Pendekatan Success Story
Pendekatan pembelajaran success story merupakan salah satu bentuk pengembangan dari teori observational learning yang digagas oleh Albert Bandura. Menurut Bandura (1997), pembelajaran dapat terjadi tidak hanya melalui pengalaman langsung, tetapi juga melalui pengamatan orang lain, disebut belajar sebagai pengamatan dari model (Laviolette & Radu 2008). Ini berarti bahwa cerita kewirausahaan dapat bertindak sebagai kisah inspiratif yang mendorong pengembangan identitas kewirausahaan, niat dan proses emulasi (Laviolette & Radu 2008)
Pendekatan success story dalam pembelajaran kewirausahaan merupakan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus dapat memotivasi siswa  dengan berbagai cerita sukses dari para pengusaha.
Pendekatan success story merupakan modifikasi dari pendekatan life story. Menurut Rae & Carswell (2000), Pendekatan  life story merupakan pendekatan berdasarkan pengamatan bahwa perilaku kewirausahaan dipelajari melalui pengalaman dan selanjutnya  penemuan. Pendekatan life story menggunakan kisah hidup  pengusaha  untuk mencoba mengidentifikasi situasi dan proses bagaimana para pengusaha belajar untuk mencapai sukses dan mencapai pertumbuhan perusahaan.
Menurut Murtini (2008),
Success story sebagai pendekatan pembelajaran kewirausahaan, sebagai salah satu bentuk model pendekatan pembelajaran untuk mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha bagi para peserta didik/pebelajar, dengan melalui proses menarik perhatian (memperhatikan, mengenal, mengidentifikasi, mengamati), mengingat kembali/retensi, mereproduksi menjadi perilaku aktual, tumbuh motivasi untuk meniru dan menduplikasi, kemudian muncul inovasi baru. Proses tahap awal (the first step) pemberian stimulus yang berupa “kisah perjuangan meraih sukses” (success story) para wirausahawan baik secara tidak langsung (melalui media pembelajaran) maupun langsung (mendatangkan wirausaha sukses apabila dibutuhkan), selain untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan tentang kewirausahaan kepada peserta, juga dari model wirausaha sukses yang dicontohkan akan terjadi proses pengalihan pengalaman berwirausaha atau proses internalisasi kepada diri pebelajar. Proses internalisasi akan mendorong pebelajar termotivasi, terinspirasi untuk menjadi calon wirausaha yang sukses setelah menyelesaikan pendidikannya nanti.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan success story merupakan pendekatan dalam pembelajaran kewirausahaan dengan menggunakan kisah sukses para pengusaha baik secara langsung maupun melalui media untuk dapat menumbuhkan jiwa wirausaha para peserta didik.

b.   Proses Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan Success Story
Proses pembelajaran kewirausahaan dengan pendekatan success story dikembangkan dari proses pembelajaran observational learning yang terdiri dari proses atensi, retensi, reproduksi dan motivasi (Bandura, 1977, 1986 cit Elliot et al,2000)
Murtini (2008) mengungkapkan bahwa proses pembelajaran kewirausahaan dengan pendekatan success story meliputi tahapan sebagai berikut:
1)     Perhatian / Attention
Memperhatikan, mengamati, mengenal dan memodifikasi
2)     Retensi / Mengingat
Mengingat apa yang sudah diamati dari model, mengevaluasi dan memilah secara verbal.
3)     Reproduksi
Menerjemahkan ke dalam perilaku aktual, mengidentifikasi, membedakan, menganalisis, melakukan tindakan.
4)     Motivasi
Dorongan untuk meniru perilaku positif wirausaha ukses
5)     Meniru & Menduplikasi
Pebelajar yang termotivasi menjadi Wirausaha sukses
6)     Inovasi / Kewirausahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar